• TEORI Atom Rutherford

    Teori Atom Rutherford
                    
    Hasil gambar untuk atom rutherford
                    Teori atom Rutherford mengatakan bahwa atom mempunyai inti yang merupakan pusat massa yang kemudian dinamakan nucleus, dengan dikelilingi awan electron bermuatan negative.

    Dasar teori atom Rutherford

                    Teori atom Ruterford didasarkan pada eksperimen penembakan inti atom lempengan emas dengan partikel alfa yang dikenal dengan percoobaan Geiger-Marsden. Pada saat itu, Rutherford menyusun desain rancangan percobaan penembakan atom emas oleh partikel alfa yang dipancarkan oleh unsur radioaktif. Ternyata, sinar raddioaktif tersebut ada yang dipantulkan, dibelokkan, dan diteruskan. Perhatikan gambar dibawah ini

    Hasil gambar untuk atom rutherford
    Seperti gambar diatas, Rutherford menjelaskan bahwa jika pertikel alfa mengenai inti atom, maka akan terjadi tumbukan yang mengakibatkan pembelokan atau pemantulan partikel alfa. Hal itu disebabkan karena massa dan muatan atom terpusat pada inti(nucleus). Rutherford menyarankan bahwa muatan inti atom sebanding dengan massa atom dalam satuan massa atom. Partikel alfa yang mengenai awan electron tidak dibelokkan maupun dipantulkan.

    Hasil gambar untuk atom rutherford
    Dalil Rutherford

    Dari penjelasan diatas maka dapat disimpulkan bahwa.
    ·         Sebagian besar volume atom merupakan ruang hampa.
    ·         Massa atom terpusat dari inti atom.
    ·         Muatan atom terkoneksi pada pusat atom dengan volume yang sangat kecil. Kelipatan muatan ini sebanding dengan massa atom.

    ·         Awan electron tidak mempegaruhi penyebaran partikel alfa.


    ====================
    #ScienceClub
    #FromSMADepokToSMADepok
    #BelajarKimiaSeruAbis!!

  • You might also like

    No comments:

    Post a Comment