• TEORI Atom Thomson

    Teori Atom Thomson



                    Teori atom Thomson adalah teori yang mencoba mendeskripsikan bentuk atom yaitu ROTI KISMIS. Diibaratkan sebagai roti kismis karena saat itu Thomson beranggapan bahwa atom bermuatan positif dengan adanya electron bermuatan negative disekelilingnya. Perhatikah gambar dibawah ini

    Hasil gambar untuk atom thomson

    Pada gambar diatas, bagian berwanra oranye bermuatan positif, sedankan berwarna hijau adalah electron yang bermuatan negative.
    Sampai ahir abad ke-19, konsep mengenai bentuk atom masih berupa bola pejal kayaknya bola biliar. Sedangkan pada tahun 1987 Joseph John Thomson secara total merubah konsep atom dengan adanya penemuan electron yang dikenal dengan teori atom Thomson.

    Dalil Thomson
    Sekiranya teori atom Thomson dapat kami ringkas sebagai berikut :
    ·         Atom merupakan bola yang bermuatan positif dengan adanya electron yang bermuatan negative di sekelilingnya.
    ·         Muatan positif dan negative pada atom besarnya sama. Hak ini menjadikan atom bermuatan netral. Suatu atom tidak mempunyai muatan positif atau negative yang berlebihan.
    Selain roti kismis, teori atom Thomson dapat diumpamakan sebagai semangka. Daging buah yang berwarna merah melambangkan ruang yang bermuatan posotif, sedangkan biji yang tersebar didalamnya adalah electron yang bermuatan negative.

    Penemuan Elektron

                    Electron ditemukan oleh J. J. Thomson melalui percobaan tabung sinar katoda. Pada saat itu, Thomson melihat bahwa jika arus listrik melewati tabung vakum, ada semacam aliran berkilau yang terbentuk. Thomson menemukan bahwa aliran tersebut dibelokkan kearah plat kutub positif. Teori atom Thomson membuktikan bahwa aliran tersebut terbentuk dari partikel kecil dari atom dan partikel tersebut bermuatan  negative. Thomson menamai penemuan tersebut sebagai electron.



    ====================
    #ScienceClub
    #FromSMADepokToSMADepok
    #BelajarKimiaSeruAbis!!
  • You might also like

    No comments:

    Post a Comment