• SEL



    Sel adalah bagian-bagian yang menyusun tubuh. Sel itu mempunyai komponen kimia yang pastinya penting-penting dan dibutuhin tubuh kita.

    Dalam tubuh kita ada banyak sekali sel.  Sel itu mempunyai tugas masing masing yang berbeda-beda. Semua sel dalam tubuh kita bekerja sama untuk membangun kualitas tubuh kita masing-masing.

    Senyawa kimia penyusun sel disebut protoplasma.

    Komponen-komponen yang menyusun sel antara lain air, elektrolit, protein, lemak dan karbohidrat.

    Berikut adalah penjelasan dari komponen-komponen di atas.

    1. Air-Air di dalam tubuh kira-kira terdapat dalam konsentrasi 70% – 85%.Zat-zat atau vitamin-vitamin yang dapat melarutkan air diantaranya adalah vitamin B dan vitamin C.

    2. Elektrolit-Elektrolit merupakan salah satu yang penting dalam sel karena memiliki beberapa unsure yang juga penting yaitu kalium, magnesium, fosfat, bikarbonat, natrium, klorida, dan kalsium.

    3. Protein-Protein merupakan komponen kimia penyusun sel yang jumlahnya paling banyak.Protein juga tersusun dari beberapa unsure.Unsure-unsur tersebut adalah atom atom C,H,  O,  dan  N. di dalam protein megandung sekumpulan asam amino.1 gram protein = 4,1 kalori .Zat-zat atau vitamin yang dapat melarutkanlemak diantaranya adalah vitamin A, D, E dan vitamin K.

    4. Lemak lemak tersusun atas atom atom C,  H,  dan O. di dalam lemak mengandung asam lemak dan gliserol.1 gram lemak = 9,2 kalori

    5. Karbohidrat-karbohidrat tersusun atas atom atom C,  H, dan O. jadi atom yang menyusun karbohidrat sama dengan atom yang menyusun lemak.

    Karbohidrat dibagi menjadi 3 macam :

    a. Polisakarida = berfungsi sebagai sumber energy cadangan dan merupakan komponen penyusun permukaan luar membrane sel. Yang dimaksud polisakaridaadalah tersusun atas banyak unit. Yang termasuk polisakarida yaitu diantaranya amilum dan selulosa.

    b. Disakarida = yang termasuk disakarida diantaranya maltose dan sukrosa.

    c. Monosakarida = yang termasuk dalam monosakari da diantaranya glukosa (terkandugn dalam tumbuh-tumbuhan), fruktosa (terkandung dalam buah-buahan), dan laktosa (terkandung di dalam susu).


    *.Karbohidrat yang berikatan dengan protein dinamakan glikoprotein.

    *.Karbohidrat yang berikatan dengan lemak dinamakan glikolipid.

    *.Apabila dalam tubuh terdapat kelebihan karbohidrat maka kelebihan karbohidrat tersebut akan disimpan dalam otot yang dapat disebut juga gula otot atau glikogen.

    Soal dan Pembahasan

  • You might also like

    No comments:

    Post a Comment